What is "Planning a Better You"?

"Planning a Better You" adalah kolom pribadi Ligwina Hananto, CEO dari QM Financial. Di kolom ini, Ligwina mengajak Anda untuk menjadi golongan menengah yang lebih kuat dimulai dengan cara mengatur keuangan pribadi. Temukan tips-tips dan solusi keuangan seperti mengelola cashflow, mengatur dana darurat, hingga berinvestasi. Jangan ragu untuk langsung bertanya kepada Ligwina dengan cara mengisi form yang tersedia.

Question

saat ini sangat banyak produk asuransi yang ditawarkan. bagaimana kita memilih asuransi yg baik. terimakasih

mira buana

Answer

Halo Mira, Begitu banyak produk asuransi yang ditawarkan. Mari berpikir dulu seperti apa kebutuhan proteksi kita. Jadi seharusnya memilih asuransi dengan baik adalah dengan cara sebagai berikut : 1) Asuransi = Proteksi Dengan banyaknya produk yang ada, maka kita sebagai calon pembeli harus memeriksa dulu apa tujuan proteksi kita. Anda perlu mempertimbangkan produk asuransi seperti: asuransi aset, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis dan asuransi kecelakaan. 2) Manfaat sesuai Tujuan Beli baju renang untuk berenang, beli piyama untuk tidur. Biasanya seperti itu. Jadi pastikan manfaat asuransi yang Anda beli memang sesuai dengan tujuan. Misalnya, jika membeli asuransi kesehatan pastikan Anda memang mendapatkan coverage kamar sesuai yang Anda inginkan. Jangan membeli Plan Kamar RS Rp Rp125.000/malam jika keinginan dan kemampuan Anda pada Plan Kamar RS Rp750.000/malam. 3) Premi 120% Tentu saja saat memilih perusahaan asuransi, kita butuh mitra yang ‘sehat’. Peraturan sehat atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi adalah pada angka Risk Based Capital lebih besar dari 120%. Tanyakan ini saat memilih perusahaan asuransi. 5) Agen Asuransi yang handal! Terakhir namun tak kalah penting : peran agen asuransi yang handal. Anda membutuhkan agen asuransi sebagai mitra kerja yang baik – bukan sekadar penjual produk yang akan meninggalkan Anda setelah Anda membayarkan premi. Maka saat membeli produk asuransi, pilih agen asuransi yang sejak awal menjual produk sesuai kebutuhan Anda & cukup sigap menghadapi pertanyaan-pertanyaan. Di masa yang akan datang, jika Anda perlu melakukan klaim, agen asuransi ini yang akan menentukan baik tidaknya servis yang akan Anda dapatkan. Selamat mencoba dan beli asuransi sesuai kebutuhan ya!

Mampu Berlibur Tanpa Berhutang

Gambar diambil dari Getty ImagesAyo kita pergi berlibur!Biasanya keluarga akan pergi berlibur di

Question

mbak ligwina hananto gmn ya cara mengelola keuangan usaha yang baik sbgian pelaku usaha dikampung kami mengeluhkan kondisi usaha dan keuangan kok rasanya tdk ada pertumbuhan

barlin

Answer

Dear Barlin, Memang banyak kok Pekerjaan Rumah kita sebagai pemilik bisnis kecil. Tapi ternyata banyak yang akhirnya baru pada tahap ‘berdagang’ belum ‘berbisnis’. Berdagang artinya jual beli. Ambil barang dengan harga rendah, jual dengan harga tinggi. Selesai. Berbisnis artinya mengembangkan sebuah usaha. Berdagang tentu ada di dalam berbisnis. Tapi ada pekerjaan rumah lebih panjang. Terutama jika ingin usaha kecilnya berkembang. Hal pertama yang harus Barlin lakukan adalah memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Saat dalam tahap ‘berdagang’ kemungkinan besar kita masih mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi. Ini bisa jadi adalah alasan utama kenapa banyak usaha kecil sulit berkembang. Setiap kali merasa sudah ‘untung’, uang ini langsung digunakan karena lewat dalam keuangan pribadi. Cara mudahnya saja dulu ya. Buat amplop atau rekening tabungan terpisah antara keuangan bisnis dan pribadi. Pastikan semua transaksi bisnis melalui amplop atau rekening tabungan bisnis. Biasakan mengambil ‘gaji’ (atau komisi) yang dipindahkan ke amplop atau rekening pribadi. Untuk semua keperluan pribadi, Barlin hanya boleh menggunakan uang dalam amplop atau rekening pribadi. Coba dulu cara ini dan rasakan perbedaannya!

Memiliki Rekening Belanja / Shopping

Gambar diambil dari GettyImages Saya biasa melakukan tanya jawab di twitter melalui akun

Question

sya bambang hadiansyah dari Lombok Nusa Tenggara Barat, pinngin bertanya tentang bagaimana mengelola hutang yang baik,? karna sya sudah mengajukan kredit untuk keperluan usaha di bangk Mandiri dan BRI.

bambang hardiansyah

Answer

Pak Bambang, Selamat karena Anda sudah berupaya membuat usaha. Terus terang saya agak cemas. Saya kuatir terhadap kredit usaha yang Bapak sedang ajukan ke bank. Sebetulnya memiliki utang usaha itu tidak jelek. Utang ini dapat membantu meringankan beban cash flow / arus kas usaha Bapak. Yang paling sering terjadi, utang digunakan untuk menjadi modal produksi. Misalnya, jika Bapak memiliki usaha makanan, Bapak membutuhkan modal untuk memproduksi makanan. Selanjutnya tentu Bapak perlu menjual makanan tersebut dan menghasilkan uang. Dari hasil tersebut Bapak bisa membayarkan cicilan utang. Yang harus diwaspadai di sini adalah periode produksi makanan, periode penjualan dan periode cicilan utang sendiri. Banyak usaha kecil lengah mengatur utang mereka. Sehingga saya sering menemukan kasus usaha kecil yang memiliki utang usaha sebagai modal produksi. Namun saat produksi sudah habis terjual, uang habis digunakan sementara cicilan utang masih berlangsung. Karena itu kita perlu memastikan beberapa hal. 1) Apa kegunaan utang ini dalam usaha Bapak? 2) Apakah usaha Bapak mampu membayarkan cicilannya? 3) Bagaimana perbandingan periode cicilan utang dengan kemampuan membayar cicilan? Hati-hati ya Pak! Semoga usahanya sukses!

Mengerti Fungsi Asuransi Dalam Rencana Keuangan

Asuransi memiliki fungsi proteksi. Ibarat sebuah payung besar yang kita bisa bawa ke mana-mana.

Question

Aq baru APply kartu kredit n dapet limit 4 juta Dan saya ?ä? kredit brg seharga 6 juta kira kira bisa ????äª ?ªã?

rita

Answer

Dear Rita, Kartu Kredit adalah utang kepada bank. Limit Rp4.000.000 artinya Rita hanya bisa menggunakan sampai angka Rp4.000.000. Apakah kredit barang Rp6.000.000 bisa menggunakan kartu ini? Jawabannya adalah ya dan tidak. Ya, bisa karena barang seharga Rp6.000.000 bisa Rita kredit dengan program cicilan tetap selama beberapa bulan. Ada banyak toko barang elektronik atau deal khusus dengan penerbit kartu kredit yang memberikan program cicilan tetap dengan atau tanpa bunga. Tidak, karena limit kartu hanya Rp4.000.000 jadi jika menggesek kartu kredit lebih dari limit akan membutuhkan approval tambahan. Yang penting sebetulnya adalah pengertian Rita sendiri tentang apa itu kartu kredit. Kartu ini mengijinkan kita bertransaksi tanpa melakukan pembayaran di muka (kredit). Asalkan kita membayarkan tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo, kita tidak perlu membayarkan bunganya. Namun jika lewat beberapa hari saja, ada finance charge dan bunga yang cukup tinggi lho. Jadi kalau berani gesek, harus berani bayar juga lho! Tapi Rita... saya harus tanya dulu ya... Apa sih barang yang ingin dikredit ini? Apa tidak bisa menunggu? ?

Mengatur Penghasilan Tahunan Dan Pengeluaran Tahunan

Struktur rejeki. Biasanya ini istilah yang saya sebut saat bertemu dengan beragam cara orang

Ligwina Poerwo-Hananto

CEO QM Financial –
Perencana Keuangan Independen

Penulis buku
"Untuk Indonesia Yang Kuat –
100 Langkah Untuk Tidak Miskin"


www.qmfinancial.com

Nama
Email
No Telp
Pertanyaan